Sebulum membahas teknologi pendidikan terlebih dahulu perlu diketahui pengertian teknologi. kata teknologi seringkali oleh masyarakat diartikan sebagai alat elektronik. tapi oleh ilmuan dan ahli filsafat ilmu pengetahuan diartikan sebagai pekerjaan ilmu pengetahuan untuk memecahkan masalah praktis.
jadi teknologi pendidikan mengacu pada usaha untuk memecahkan masalah manusia. ada beberapa pendapat tentang teknologi pendidikan menurut para ilmuan, yaitu :
a)Yp. Simon (1983), teknologi adalah suatu displin rasional yang dirancang untuk meyakinkan penguasaan dan aplikasi ilmiah
b) Paul Saetiles (1968), teknologi selain mengarah pada permesinan, teknologi meliputi proses, sistem, manajemen, dan mekanisme kendali manusia dan bukan manusia
c) Prof. Dr. Hadi Miarso, teknologi berasal dari kata techne yang artinya adalah seni, cara, dan kreatifitas yang ditempuh oleh seorang pendidik dalam mentransfer pengetahuan kepada peserta didik . dalam kata lain bahwa seorang guru harus mempunyai cara-cara ataupun keahliannya dalam mendidik peserta didik.
Dari beberapa definsi diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa teknologi pendidikan adalah suatu cara atau metode yang sistematis yang diharapkan nantinya peserta didik dapat menerima materi pendidikan dengan lebih baik, dan dengan rasa senang tanpa ada paksaan.
Teknologi pembelajaran merupakan bagian dari teknologi pendidikan. hal ini disasarkan pada konsep bahwa pengajaran adalah bagian dari pendidikan. teknologi pengajaran merupakan suatu himpunan dari proses terintegrasi yang melibatkan manusia, prosedur, gagasan, peralatan, dan organisasi serta pengolahan cara-cara pemecahan masalah pendidikan yang terdapat didalam situasi belajar yang memiliki tujuan.
jadi teknologi pendidikan adalah segala usaha untuk memecahkan masalah pendidikan. lebih detail dapat diuraikan bahwa :
>> teknologi pendidikan lebih dari perangkat keras, ia terdiri dari desain dan lingkungan yang melibatkan pelajar
>>Teknologi dapat juga terdiri segala teknik atau metode yang dapat dipercaya untuk melibatkan pelajaran, strategi belajar kognitif dan keterampilan berfikir kritis.
>>Belajar teknologi dapat dilingkungan manapun yang melibatkan siswa belajar secara aktif, konstruktif, autentik, koorperatif serta bertujuan.
B. Macam - Macam Teknologi Pendidikan
Dalam pendidikan tidak bisa lepas dengan masalah revolusi metode, kurikulum yang inovatif, teknologi, seta SDM yang kritis untuk bisa menghasilkan daya cipta dan hasil disekolah sebagai bentuk perubahan pendidikan. sekolah harus mempunyai orientasi bisnis pelanggan yang memiliki daya saing global. untuk itu ada lima tekologi baru yang dapat menciptakan sistem pendidikan yang lebih baik. berikut lima macam teknologi :
1) Sistem berpikir
Sistem berpikir menjadikan kita untuk lebih hati-hati dengan munculnya tiap mode di dunia pendidikan. hal ini untuk mengantisipasi terjadinya perubahan yang tidak kita inginkan. tanpa sistem berpikir kita akan sulit untuk mengadakan peningkatan rill di bidang pendidikan. jadi sistem berpikir menghadirkan konsep sistem yang umum, dimana berbagai hal saling terkait.
2) Desain Sistem
Desain sistem adalah teknologi merancang dan membangun sistem yang baru. perubahan yang dimaksud adalah perubahan yang cepat yang meningkatkan harapan. desain sistem memberikan kita peralatan untuk menciptakan suatu sistem yang baru dan sutu strategi untuk perubahan.
3) Kualitas Pengetahuan Mutu / Kualitas Pengetahuan
Kualitas Pengetahuan Mutu / Kualitas Pengetahuan merupakan teknologi yang memproduksi suatu produk atau jasa/layanan yang sesuai harapan dan pelanggan. ilmu pengetahuan yang berkualitas telah menjadi alat yang sangat berharga dalam inovasi pendidikan/sekolah.
4) Manajemen Perubahan
Manajemen perubahan adalah suatu cara untuk memandu energi kreatif ke arah perubahan positif. dapat juga diartikan sistem pemikiran yang berlaku untuk aspek manajemen inovasi tentunya dengan berorientasi pada POAP (perencanaan, organisasi, aktualisasi, dan kontrol).
5) Teknologi Pembelajaran
Disini ada dua bagia yaitu peralatan pelajar elektronik (komputer, multimedia, internet, telekomunikasi), dan pembelajaran yang didesain, metode dan strateginya diperlukan untuk membuat peralatan elektronik yang efektif. pelajaran elektronik ini mengubah cara mengkomunikasikan belajar. jadi teknologi pembejalaran adalah sistem pemikiran yang berlaku untuk intruksi dan belajar.
Kelima teknologi tersebut merupakan suatu keterpaduan untuk menuju inovasi pendidikan sehinggan dalam memecahkan masalah pendidikan perlu kombinasi peralatan/alat elektronik, orang-orang, proses, manajemen, intelektual, untuk perubahan yang efektif.
C. Fungsi Teknologi Pendidikan
Berikut ini adalah beberapa fungsi dari teknologi pembelajaran sbb :
>> Sebagai sarana bahan ajar ilmiah yang onyektif
>> untuk memotifasi peserta didik yang semangat belajarnya kurang
>> untuk membantu peserta didik mempresentasikan apa yang mereka ketahui
>> untuk meningkatan efektifitas pembelajaran
>> untuk mempermudah penyampaian materi
>> untuk mempermudah desain pembelajaran
>> media pendukung pelajaran dengan mudah
>> pendukung terlaksananya program pembelajaran yang sistematis
>> untuk meningkatkan keberhasilan pembelajaran
D. Manfaat Teknologi Pendidikan
Manfaat bagi pendidik yaitu :
>>memudahkan tercapainya tujuan pendidikan
>>mempermudah desain pembelajaran
>>menunjang metode pembelajaran
>>lebih meningkatkan efektifitas pembelajaran
>>lebih mudah menyampaikan materi pelajaran
>>mengefesienkan waktu
>>menjadi daya dukung pengjaran
Manfaat bagi peserta didik :
>>lebih cepat menyerap materi pelajaran
>>menerima materi pelajaran dengan senang
>>dapat mempresentasikan apa yang mereka ketahui
>>tidak bosan dengan cara penyampaian materi pembelajaran secara verbal
>>bisa berekspresi dalam proses pembelajaran
0 komentar:
Posting Komentar